Surat yang Baik 1

Administrasi Perkantoran atau biasa orang meyebutnya dengan AP identik dengan kegiatan surat menyurat. Bisa dikatakan bahwa surat adalah nafas AP. Sedang Jantungnya ialah kearsipan dan otaknya adalah komputer. 

Seringkali kita melihat beberapa rekan, anak didik, bahkan diri kita sendiri terkadang kesulitan dalam membuat surat. Tidak bisa membuat surat? bisa, hanya saja terkadang ada beberapa bagian yang kurang, bentuk yang tidak karuan, hingga bahasa yang sulit dipahami. 

OK, kali ini saya akan sedikit membahas Hal-Hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat wa bil khusus untuk surat resmi dinas bukan surat cinta pliiiiiiis. OK Let's goo...

Pertama bentuk surat kudu n WAJIB jelas. Apakah itu Full Block Style, Block Style, Semi Block, Indented, Hanging etc. Ingat surat bukan puisi guys. Nulisnya gak boleh zig zag. Kudu sesuai pakemnya. 

Kedua bagian-bagian surat utuh full tanpa ada pengurangan suatu apapun. Jadi kalian gak boleh nulis surat sampai Kop aja guys. Kasihan yang baca bingung. Trus ini nih yang sering dilakukan, ALENIA SURAT KUDU 3. Inget kan alenia surat ada berapa??? Alenia pembuka, Isi, dan penutup. 
Ibarat kalian mau PE-DE-KA-TE ni kudu ada mukodimahnya jangan langsung tembak, bisa-bisa dihajar ntar. Begitupun degan surat jangan langsung alenia isi..... kasihlah mukodimah biar so sweeet sedikit. hehehe.

Ketiga bahasa surat kudu wajib bin harus JELAS no Buleeet kayak susur. Ok, saya paham kalian itu orangnya romantis tapi pliiiis ini surat dinas guysss bukan surat cinta, masak iya kalian ngundang pak Gubernur pakai bahasa gini "Dipagi yang sejuk ini kami dengan segenap jiwa dan ketulusan hati mengundang Bapak untuk hadir dalam Peresmian Gedung Baru SMK Negeri Ghoib 2" kan gak lucu......

Keempat Lipatan surat.... yes, ini sering terlupa seperti sidia yang tega melupakan mu... eaaaaaa. Sebelum kalian masukan tuh surat ke amplop biasanya surat akan dilipat dengan bentuk yang telah ditetapkan. Masih ingat lipatan surat??? Jangan mentang-mentang kalian disuruh lipat kertas trus si surat kalian buat kapal-kapalan atau pesawat terbang pliiiisss guysss move on dari masa kecil kurang bahagia.

Well, itu tadi sekelumit ocehan saya tentang beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika membuat surat. Tulisan ini saya buat karena saya gemes dengan beberapa anak didik saya yang sangat masyaallah luar biasa dalam membuat surat (masa iya buat surat konfirmasi isinya begini 'apakah Bapak jadi membeli barang-barang saya? kalau tidak jadi ya sudah mau saya jual ke orang lain saja, Bapak PHP-in saya mulu) dipikir dulinan apa?????? hadeeeeeh.
Semoga si anak segera mendapat hidayah dan bertaubat. hehehehe.

Salam hangat dari Master Shifu untuk kalian.....
Ketemu di kelas besok ya dear....




Comments

Popular posts from this blog

KARAKTERISTIK HUMAS

MACAM-MACAM HUMAS

Bagian-Bagian Surat