Kegiatan – Kegiatan Humas (2)



Setelah kemarin membahas mengenai kegiatan internal humas, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang kegiatan eksternal humas. Silakan disimak baik-baik, if you want to sharing about this materi please coment in the box. 

            Kegiatan eksternal humas merupakan kegiatan yang ditujukan untuk eksternal perusahaan. Eksternal perusahaan yang dimaksud adalah keseluruhan elemen yang berada di luar perusahaan yang tidak terkait langsung dengan perusahaan, seperti masyarakat, pers, pemerintah, konsumen dan lain-lain.

            Hubungan eksternal dalam sebuah organisasi/perusahaan mutlak diperlukan. Karena perusahaan tidak mungkin berdiri sendiri tanpa adanya kerjasama dengan perusahaan lain. Oleh karena itu, organisasi/perusahaan harus mampu menciptakan hubungan yang baik serta harmonis dengan pihak-pihak diluar organisasi/perusahaan seperti masyarakat, pers, pemerintah ataupun perusahaan lain. 

            Upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan hubungan yang baik serta harmonis tersebut salah satunya dengan  komunikasi kepada publik eksternal secara informatif dan persuasif. Informatif artinya informasi yang disajikan harus menyeluruh, tidak ditutup-tutupi, berdasarkan fakta, dan disajikan secara adil. Persuatif artinya, komunikasi yang dilakukan dapat menimbulkan perhatian lebih dan berujung pada ketertarikan.

            Tujuan dari kegiatan eksternal humas ini diantaranya adalah:
a.    Memperkenakan produk kepada masyarakat atau pelanggan
b.    Menjaga hubungan baik dengan pemerintah dan client
c.    Mengetahui sikap dan opini publik terhadap perusahaan
d.   Menjaga hubungan baik dengan pers, pemasok, dan masyarakat
e.    Mencapai rasa simpati dan kepercayaan dari publik di masyarakat.

Kegiatan eksternal yang dilakukan oleh seorang humas adalah sebagai berikut:

a.        Hubungan Dengan Komunitas (Community Relations)
Perusahaan/organisasi hendaknya dapat membina hubungan dengan komunitas baik disekitar wilayah perusahaan maupun diluar wilayah perusahaan. Tindakan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar serta sebagai tanda terimakasih perusahaan kepada komunitas. Dengan adanya hubungan ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya sekedar mengambil keuntungan semata tetapi juga ikut peduli dan mau berbagi atas apa yang telah diperoleh perusahaan dari lingkungan yang merupakan milik bersama. Hubungan semacam ini seringakali diwujudkan dalam program CSR (Corporate Social Responsibility).

b.        Hubungan Dengan Pelanggan (Costumer Relations)
       Pada dasarnya membina hubungan dengan pelanggan dilakukan agar tingkat loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap produk maupun perusahaan kita dapat meningkat. menurut seitel (2001:455) tujuan membina hubungan baik dengan konsumen atau pelanggan kita diantaranya adalah :
a.       Mempertahankan pelanggan lama
b.      Menarik pelanggan baru
c.       Memperkenalkan produk/jasa baru
d.      Memudahkan penanganan keluhan pelanggan
e.       Mengurai biaya.
Costumer relations dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya seperti iklan, film, plant tour, pameran, brosur, spesial events, publisitas, atau acara-acara kreatif yang lain yang mampu meningkatkan kedekatan perusahaan kita dengan pelanggan.

c.         Hubungan Dengan Media Massa dan Pers (Media & Press Relations)
Hubungan dengan media massa dan pers merupakan alat atau sarana pendukung dalam kerja sama untuk kelancaran aktivias komunikasi humas dengan pihak publik. Dengan membina hubungan baik dengan media dan pers, perusahaan bisa mengontrol, mencegah, meminimalisir pemberitaan-pemberitaan kurang mengenakan (negatif) atau pemberitaan palsu tentang perusahaan. 
Hubungan dengan pers ini dapat dilakukan oleh humas baik dengan cara formal maupun informal. Bentuk hubungan formal seperti konfrensi pers, wisata pers (press tour), taklimat pers (press briefing), dan resepsi pers. Sedangkan hubungan informal seperti keterangan pers, wawancara pers, dan jumpa pers (pres gathering).
d.        Hubungan Dengan Pemerintah (Goverment Relations)
Hubungan yang baik dengan pemerintah dapat memudahkan perusahaan dalam menyesuaikan kebijakan yang akan diambil dengan kebijakan-kebijakan pemerintah. Sehingga kebijakan yang dihasilkan oleh perusahaan terwujud tanpa mencederai salah satu pihak dan tidak melanggar hukum.
Berikut ini contoh dari ekternal humas dalam suatu perusahaan yang penulis himpun dari beberapa sumber di internet :
a.   Masyarakat   : orang yang nantinya akan membantu kelancaran proses distribusi produk sekaligus menjadi konsumen.
b.      Konsumen     :  pemakai produk dari perusahaan
c.    Internet     : salah satu faktor pendorong kenaikan jumlah pembelian produk dengan cara melakukan penjualan online.
d.      Media           : juga merupakan faktor pendorong kenaikan jumlah penjuaan dengan memasang iklan yang menarik di media.
e.       Pasar              : tempat yang strategis dan konsusif yang memudahkan pendistribusian produk.
f.       Bank             : tempat peminjaman modal dan penyimpanan modal agar dana perusahaan dapat berputar.
g.      Transportasi        : sarana dalam melancarkan proses pendistribusian produk.

Comments

Popular posts from this blog

KARAKTERISTIK HUMAS

MACAM-MACAM HUMAS

Bagian-Bagian Surat